Efektivitas Layanan Taspen One Hour Online Service (TOOS) Dalam Memberikan Kemudahan Layanan Tabungan Hari Tua (THT) Dan Pensiun Pertama Bagi Pegawai Negeri Sipil Di Pt Taspen (Persero) Kantor Cabang Utama Medan

Authors

  • Novita Santi Aritonang Universitas Sumatera Utara
  • Tunggul Sihombing Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32734/sajjana.v3i01.20723

Keywords:

Pelayanan Publik, Efektivitas Pelayanan, Taspen One Hour Online Service

Abstract

Taspen One Hour Online Service (TOOS) merupakan layanan satu pintu Taspen yang dapat di akses melalui website pada laman https://tos.taspen.co.id/ yang dapat melakukan pengajuan klaim online, maupun pengajuan non klaim, pengurusan kartu digital kepesertaan, melacak pengajuan online, pemantau status otentikasi, mengambil antian online Mal pelayanan publik, melakukan penghitungan manfaat THT dan pensiun, juga untuk menyampaikan kritik dan saran, memuat informasi dana pensiun bulanan untuk pensiunan. Selain itu, peserta dapat mendapatkan informasi pensiun pokok, mendapat informasi mengenai E-SPT Pajak untuk pensiunan dan melakukan survei kebutuhan peserta untuk peningkatan layanan Taspen Grup. Namun proses penggunaan layanan Taspen One Hour Online Service (TOOS) oleh sebagian peserta, mengalami beberapa kendala yang menyebabkan pengerjaan proses klaim dana Tabungan Hari Tua (THT) dan Pensiun Pertama terlambat, selain itu masih kurangnya pemahaman soal teknologi bagi para lansia, sehingga mengalami kesulitan dalam menggunakan layanan TOOS tersebut yang akhirnya menghambat proses dan mengakibatkan keefektivan program kurang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang didukung dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan pendekatan teori efektivitas pelayanan yang dikemukakan oleh Sudrajat, meliputi prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya penyelesaian, sarana dan prasarana yang memadai,dan juga produk pelayanan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa efektivitas Layanan TOOS pada PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Utama Medan dari segi prosedur pelayanan yang dilakukan di PT Taspen (Persero) KCU Medan menggunakan layanan TOOS berjalan cukup efektif, dan prosedur pelaksanaan pelayanan telah sesuai dengan SOP yang ada, dengan informasi yang cukup jelas dan transparan kepada masyarakat, namun waktu penyelesaian pelayanan secara online pada TOOS bagi beberapa Peserta atau nasabah masih dianggap belum efektif, karena pada layanan TOOS masih sering mengalami eror dan juga sistem down/loading yang menyebabkan nasabah beralih ke pengajuan klaim manual. Sehingga manfaat TOOS yang diklaim memberikan kemudahan dan keefektifan masih belum dirasakan secara menyeluruh oleh tiap peserta, akan tetapi waktu penyelesaian secara manual bisa dikatakan sangat efektif. Pengajuan klaim yang dilakukan pada TOOS tidak dipungut biaya apapun. Sarana dan prasarana pada pemberian layanan TOOS dianggap efektif karena disediakan wadah untuk bertanya dan juga memberiakan kritikan atau saran pada website.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Tunggul Sihombing, Universitas Sumatera Utara

FISIP - Ilmu Administrasi Negara

References

Referensi

Buku:

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana

Deddy, Hendrikus dan Afandi. 2018. ADMINSTRASI Publik Untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta CV

Dunn, W. N. 1999. Pengantar Analis kebijakan Publik. Yogyakarta : Gajah Mada University Press

Fahmi, Irham. 2016. Perilaku Organisasi (teori,aplikasi dan kasus). Bandung: Alfabeta

Handoko, T.Hani, 1993. Manajemen, Edisi Kedua Cetakan Ketujuh, BPFE, Yogyakarta.

Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan

Kaelan. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama dan Humaniora. Yogyakarta: Paradigma

Moleong, Lexy. J, 2012, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Karya, Bandung

Pasolong, Harbani. 2017. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Rahmana, Muhammad Fitri, dkk. 2020. Pelayanan Publik. Yaysan Kita Menulis

Ridwan, Juniarso. dan Sudrajat, Achmad Sodik.2009. Hukum Administrasi Negara dan Kebijakan Pelayanan Publik. Bandung: Nuansa

Siagian, S.P. 2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: PT Rineka Cipta

Singarimbun, Masri & Sofian Effendi. 2015. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES

Soewarno, Handayaningrat. 1990. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta : Haji Masagung

Sudjono, Imam.1999. Dana Pensiun Lembaga Keuangan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Jurnal :

Enitasari, R. & Hertati, D. (2019), Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Aplikasi Berkas Mlaku Dewe Di Kantor Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo, Public Administration Journal, 2(5), 136-149

Lubis, Hari. S.B. dan Martani Husaini. 1987. Teori Organisasi (Suatu Pendekatan Makro). Jakarta: Pusat Antar Universitas Ilmu-ilmu Sosial Universitas Indonesia

Layaman. 2006. Studi Efektivitas Pelayanan Publik di Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Cirebon

Rizal Bungkaes Heri, dkk. 2013. Hubungan Efektivitas Pengelolaan Raskin Dengan Peningkatan Kesejahteraan Mayarakatdi Desa Mamahan Kabupaten Gemeh Kabupaten Kepulauan Taland. Acta Diurna. Vol – (-): 1-23

Rochaeli, Irawati. "Fungsi dan Peranan Dewan Pengawas Syariah di Unit Usaha Syariah PT. Bank "X" Dikaitkan dengan Pelaksanaan Good Corporate Governance", Tesis, Depok: Universitas Indonesia, 2011, hal. 37

Mirnasari, Rina Mei. 2013. Inovasi Pelayanan Publik UPTD Terminal Purabaya Bungurasih. Universitas Airlangga. Volume 1 journal.unair.ac.id

Mingkid, Gary Jonatan, Daud Liando & Johny Lengkong. 2017. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA DESA DALAM PENINGKATAN PEMBANGUNAN (Suatu Studi Di Desa Watutumou Dua Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan Volome 2 No. 2 Tahun 2017, ISSN : 2337 – 5736

Nur’aini,Andi. 2021. Efektivitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Leok 1 Kecamatan Biau Kabupaten Buol. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.1 No.12 ISSN 2722-9467

Nurhasan, Adek & Aldri Frinaldi. 2020. Efektivitas Penggunaan Sistem Aplikasi Otentikasi Penerima Pensiun PT. Taspen secara Digital dengan Menggunakan Smartphone di Kota Padang. Jurusan Ilmu Administrasi Negara FIS UNP, Padang. ISSN: 2684-818X Vol. 2

Peraturan Perundang-Undangan

Keputusan Menteri Pertama RI nomor : 388/MP/1960, tentang jaminan sosial bagi Pegawai Negeri

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

SK Menpan Nomor 61 Tahun 1993 tentang pedoman umum penyelenggaraan pelayanan publik.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara PT. TASPEN. 2018. Tabungan Hari Tua. www.taspen.co.id

Sumber Lainnya:

Website:

ekbis.sindonews.com. Tingkat pelayanan taspen hadirkan beragam inovasi, diakses pada 23 Juni 2022)

axa-mandiri.co.id Tabungan hari tua, diakses pada 1 Juli 2024

Tentang Kami PT Taspen (Persero), https://lifepal.co.id/media/taspen

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Aritonang, N. S., & Sihombing, T. . (2025). Efektivitas Layanan Taspen One Hour Online Service (TOOS) Dalam Memberikan Kemudahan Layanan Tabungan Hari Tua (THT) Dan Pensiun Pertama Bagi Pegawai Negeri Sipil Di Pt Taspen (Persero) Kantor Cabang Utama Medan. SAJJANA: Public Administration Review, 3(01), 32–44. https://doi.org/10.32734/sajjana.v3i01.20723